Blogroll

Selamat Datang di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Al-Ghifari Bandung

Blogger templates

Selamat Datang di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Al-Ghifari Bandung

Pages

28.2.09

Program Studi Teknologi Industri Pertanian (S1)

TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN
Secara umum tujuannya adalah mendidik mahasiswa menjadi sarjana yang memilikikemampuan teknis dan manajeril di bidang Agroindustri, berdedikasi, tanggap terhadap perkembangan ilmu dan teknologi serta berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional. Sarjana Teknologi Pertanian tersebut berkelayakan dan berkemampuan tinggi dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengolahan sistem terpadu ysng terdiri atas manusia, peralatan, bahan, energi, uang dan informasi pada agroindustri. Sarjana Teknologi Industri dengan kelayakan tersebut diharapkan mahir merumuskan dan menganalisis masalah teknik, berani mengambil inisiatif dan resiko di bidang usaha (berjiwa wiraswasta) dan mampu mengestimasi hasil dan manfaat keterpaduan sistem agroindustri serta inovatif dan mampu mensistensi masalah untuk pengembangan agroindustri.
Seorang sarjana lulusan Teknologi Industri Pertanian diharapkan secara khusus mempunyai kemampuan:
1.Menggunakan, merancang dan mengembangkan berbagai peralatan dan proses agroindustri/
2.memiliki kemampuan dasar dalam mengelola suatu sistem agroindustri meliputi kemempuan managerial, rekayasa (engineering) penguasaan teknologi dan proses produksi.
3.Mampu secara sistematis memecahkan permasalahan dalam suatu sistem agroindustri dan trampil mengembangkan berbagai alternatif.
4.Merencanakan, menghasilkan dan mengembangkan berbagai produk industri dan sumber daya alam (hasil pertanian)
5.Memiliki kemampuan untuk melakukan proses transpormasi infut (bahan baku, mesin, modal tenaga kerja dan metode)
6.Merencanakan, melaksanakan, mengelola, mengembangkan dan mengevaluasi berbagai macam pekerjaan pada agroindustri.

KURIKULUM
Kurikulum jurusan Teknologi Industri Pertanian Universitas Al-Ghifari mengacu pada kurikulum Nasional berbasis kompetensi dengan bobot SKS 145 SKS. Jumlah tersebut termasuk didalamnya 40 % muatan lokal yang menitik beratkan pada managemen, Bioteknologi Pertanian, Agroindustri dan kewirausahaan. Sistem belajar meliputi tatap muka, praktek di laboratorium, studi lapangan, tugas mandiri, tugas kelompok dan seminar.
Fakultas Teknologi Pertanian UNFARI menitikberatkan pada kajian pengembangan dan penerapan teknologi dengan melibatkan ilmu-ilmu kimia, matematik, fisika, keteknikan dan biologi untuk konservasi tanah, memproduksi hasil pertanian dan mengubahnya menjadi bentuk-bentuk sajian termasuk caracara pengawetannya, yang mempunyai nilai tambah di dalam kualitas, nilai gizi dan daya gunanya serta siap untuk dimanfaatkan sebagai bahan industri, perdagangan dan bahan konsumsi, dengan mengadakan optimasi proses dan manajemen di dalam sistem produksi hayati. Implementasi dari kajian-kajian tersebut tertuang dalam pendidikan teknik pertanian, teknologi pangan dan hasil pertanian dan teknologi industri pertanian. Dengan kajian-kajian tersebut Fakultas Teknologi Pertanian siap untuk mengadakan berbagai kerjasama di bidang agroindustri atau pun llagro base industry' dengan semua instansi negeri maupun swasta dan industri untuk menyelesaikan segala permasalahan yang ada. Fakultas Teknologi Pertanian UNFARI juga selalu siap menampung calon-calon yang berbakat dan berminat yang lolos dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Universitas Al-Ghifari untuk dididik menjadi sarjana yang mempunyai kompetensi tinggi dan dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional. .