Blogroll

Selamat Datang di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Al-Ghifari Bandung

Blogger templates

Selamat Datang di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Al-Ghifari Bandung

Pages

28.2.09

Program Studi Teknologi Pangan (S1)

Teknologi Pangan
Karir dan Lulusan
Prospek untuk seorang ahli Teknologi Pangan baik di dalam negeri maupun di luar negeri sangat menggembirakan. Banyak perusahaan makanan yang ada serta satu sama lain saling bersaing. Setiap produk yang mereka pasarkan harus terus dikembangkan sehingga diminati dan dibutuhkan oleh konsumen. Mereka menggunakan lulusan Teknologi Pangan dalam industri mulai level menengah sampai level manager, bahkan dapat lebih dari itu.
Selain itu banyak lulusan Teknologi Pangan yang mengembangkan karier di instansi pemerintah, pusat-pusat penelitian, lembaga-lembaga pendidikan, perusahaan swasta dan lain-lain.
Selain itu banyak lulusan Teknologi Pangan yang mengembangkan industri pangan secara mandiri atau berwirausaha, dan berhasil dengan baik.
Perusahaan yang melibatkan lulusan Teknologi Pangan antara lain:
PT Indofood Sukses Makmur
PT Ultra Jaya Milk
PT Nestle
PT Indomilk
PT Sierad Produce Tbk
PT Unilever
PT Ceres
PT Bogasari
PT Susu Bendera
PT Coca Cola
BMC dan lain-lain

BIDANG PEKERJAAN YANG DITANGANI
Beberapa bidang pekerjaan yang ditangani oleh seorang lulusan Teknologi Pangan
Bidang Produksi
Mengatur jalannya proses produksi bahan makanan pada suatu industri pengolahan makanan sehingga kualitas produk dapat terjamin, efisiens dan menguntungkan.
Bidang Reseach dan Development
Mengadakan penelitian dan pengembangan system pengolahan dan prod
Bidang Kontrol Kualitas
Melakukan monitoring dan pengendalian kualitas yang mencakup kebutuhan bahan baku, bahan penolong, bahan pengawet dan produk sesuai dengan kualitas dan keamanan.
Bidang Quality Anssurance
Melakukan pengendalian dan pengontrolan serta merancang spesifikasi bahan-bahan dalam pengolahan, mesin, peralatan dan prosedur pengolahan untuk menjadi mutu dan keamanan produk pangan yang terjamin.
Bidang Rancang Bangun Mesin dan Peralatan Industri Pangan
Melakukan perencanaan dan perancangan mesin, dan peralatan proses pengolahan yang efektif, efisien dan aman swsuai dengan standar kualitas.
Bidang Managemen dan Marketing Produk Pangan
Melakukan pengaturan dan pengendalian serta pembelian dan pemasaran bahan baku, bahan penolong dan produk yang terlibat dalam proses pengolahan makanan.

Program Studi Teknologi Pangan Dipersiapkan untuk mampu:

1.Memperdalam pengetahuan dan apresiasi pada sistem biologi atau pertanian yang digunakan sebagai dasar penerapan teknologi dan keteknikan.
2.Mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan teknologi pada pengolahan pangan dan hasil pertanian dan membuat pendekatan untuk upaya pemecahan masalah serta evaluasinya.
3.Merancang sistem dan proses dengan memperhatikan aspek-aspek gizi, ekonomi, sosial dan dampak lingkungannya.
4.Membangun kemampuan berkomunikasi, melakukan pembelajaran secara mandiri dan membangun kerjasama.
5.Membangun Jiwa wirausaha yang mampu untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang usaha dan berani mengambil resiko yang didasari pertimbangan keilmuan.
6.Membangun jiwa sosial dan profesionalisme yang bertanggungjawab untuk memecahkan permasalahan teknologi yang akan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.