Blogroll

Selamat Datang di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Al-Ghifari Bandung

Blogger templates

Selamat Datang di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Al-Ghifari Bandung

Pages

26.7.09

KURIKULUM PROGRAM SARJANA

KURIKULUM
Kurikulum jurusan Teknologi Industri Pertanian Universitas Al-Ghifari mengacu pada kurikulum Nasional berbasis kompetensi dengan bobot SKS 145 SKS. Jumlah tersebut termasuk didalamnya 40 % muatan lokal yang menitik beratkan pada managemen, Bioteknologi Pertanian, Agroindustri dan kewirausahaan. Sistem belajar meliputi tatap muka, praktek di laboratorium, studi lapangan, tugas mandiri, tugas kelompok dan seminar.
Fakultas Teknologi Pertanian UNFARI menitikberatkan pada kajian pengembangan dan penerapan teknologi dengan melibatkan ilmu-ilmu kimia, matematik, fisika, keteknikan dan biologi untuk konservasi tanah, memproduksi hasil pertanian dan mengubahnya menjadi bentuk-bentuk sajian termasuk caracara pengawetannya, yang mempunyai nilai tambah di dalam kualitas, nilai gizi dan daya gunanya serta siap untuk dimanfaatkan sebagai bahan industri, perdagangan dan bahan konsumsi, dengan mengadakan optimasi proses dan manajemen di dalam sistem produksi hayati. Implementasi dari kajian-kajian tersebut tertuang dalam pendidikan teknik pertanian, teknologi pangan dan hasil pertanian dan teknologi industri pertanian. Dengan kajian-kajian tersebut Fakultas Teknologi Pertanian siap untuk mengadakan berbagai kerjasama di bidang agroindustri atau pun llagro base industry' dengan semua instansi negeri maupun swasta dan industri untuk menyelesaikan segala permasalahan yang ada. Fakultas Teknologi Pertanian UNFARI juga selalu siap menampung calon-calon yang berbakat dan berminat yang lolos dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Universitas Al-Ghifari untuk dididik menjadi sarjana yang mempunyai kompetensi tinggi dan dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional. .

Program Studi Teknologi Pangan
Kompetensi Pendidikan
Program Studi Teknologi Pangan diprogramkan untuk menyiapkan sarjana teknologi pertanian di bidangnya yang mampu:
1.Memperdalam pengetahuan dan apresiasi pada sistem biologi atau pertanian yang digunakan sebagai dasar penerapan teknologi dan keteknikan,
2.Mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan teknologi pada pengolahan pangan dan hasil pertanian dan membuat pendekatan untuk upaya pemecahan masalah serta evaluasinya,
3.Merancang sistem dan proses dengan memperhatikan aspek-aspek gizi, ekonomi, sosial, dan dampak lingkungannya.
4.Membangun kemampuan berkomunikasi, melakukan pembelajaran secara mandiri dan membangun kerjasama,
5.Membangun jiwa wirausaha yang mampu untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang usaha dan berani mengambil resiko yang didasari pertimbangan keilmuan.
6.Membangun jiwa sosial dan profesionalisme yang bertanggungjawab untuk memecahkan permasalahan teknologi yang akan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Program Studi Teknologi lndustri Pertanian
Kompetensi Pendidikan
Program Studi Teknologi Industri Pertanian diprogramkan untuk menyiapkan sarjana teknologi pertanian di bidangnya yang bercirikan:
1.Memiliki kemampuan dasar dalam mengelola suatu sistem agroindustri, meliputi kemampuan managerial, rekayasa (engineering), penguasaan teknologi dan proses produksi,
2.Mampu secara sistematis memecahkan permasalahan dalam suatu sistem agroindustri dan trampil mengembangkan berbagai alternatif,
3.Memiliki kemampuan untuk melakukan proses transformasi input (bahan baku, mesin, modal, tenaga kerja dan metode) menjadi output yang memiliki nilai tambah.